Menambahkan Tempat Lokasi Usaha di Google Maps

Menyikapi game Pokemon yang saat ini menjadi game populer, saya berpikir untuk mengambil hal positif dari game Pokemon ini. Dalam game pokemon ini kita kita diwajibkan / diharuskan untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu yang disebut PokeStop dan Gym. Dan anda pasti tahu kan, saat Poke Ball yang kita miliki sudah habis, kita diharuskan menuju lokasi PokeStop yang ada di dekat lokasi kita. Atau saat kita ingin mengadu pokemon yang kita miliki, kita harus mengunjungi lokasi Gym pada game Pokemon. Dan anda pasti tahu bahwa lokasi Poke Stop pasti berada di tempat yang ramai dan sebelum game ini dibuat pun tempat itu pasti sudah sering di kunjungi orang-orang dan sering Check-In lokasi di status media sosial mereka. Dan sekarang pasti anda tahu, sejak adanya game ini, tempat-tempat yang ada Pokestop menjadi lebih ramai atau paling tidak sesepi biasanya.

Dari keterangan diatas, saya punya ide bagi anda yang punya usaha apapun, terlebih bagi anda yang punya usaha tempat makan dan lokasi tempat jualan strategis sebagai tempat nongkrong. Yaitu dengan mendaftarkan lokasi bisnis anda di Google Maps. Karena ke depannya pasti akan banyak developer game yang akan membuat aplikasi sejenis game Pokemon. 

Manfaat dari kita mendaftarkan lokasi bisnis kita di Google Maps yaitu supaya menarik lebih banyak konsumen / pengunjung yang bermain game sejenis Pokemon. Dan diharapkan lokasi bisnis kita lebih terkenal dan ramai pengunjung / konsumen. Game seperti Pokemon Go bagus bagi tempat bisnis/usaha anda.

Berikut cara mendaftarkan lokasi bisnis anda di Google Maps.

- Nyalakan GPS ( tidak wajib )
- Login akun Google
- Buka Maps dari handphone / komputer / laptop anda.
- Tap dan hold lokasi tepat pada rumah / tempat usaha anda di layar handphone anda, maka akan muncul pin lokasi, pastikan pin lokasi tepat di lokasi bisnis / usaha yang akan anda daftarkan.
- ketika sudah  muncul deskripsi lokasi di Google Maps, lanjut klik tambahkan tempat yang belum ada.
- Isikan nama bisnis anda
- Pilih kategori bisnis/ usaha anda
- Isi nama website anda
   Bisa menggunakan blogspot / wordpress atau yang belum punya silahkan abaikan saja.
- Isi no telepon yang bisa di hubungi.
- pilih jam buka - tutup usaha anda.
- Tambahkan foto galery usaha anda dan foto lingkungan sekitar yang anda anggap paling keren.
- Jika semuanya sudah diisi, silahkan lanjutkan klik tanda panah di kanan atas.
- Silahkan isi deskripsi tetang usaha anda.
- Tautkan akun Google + anda
- Tunggu sampai Google Maps menyetujui penambahan tempat yang anda ajukan.
- Jika Google Maps mengharuskan verifikasi lokasi bisnis yang anda daftarkan melalui kartu pos , silahkan lanjutkan kirim kartu pos dan tunggu kartu pos dari Google untuk verifikasi pendaftaran lokasi bisnis anda.
- Segera verifikasi pendaftaran lokasi bisnis anda jika ada sms dari Google untuk verifikasi lokasi bisnis yang baru anda tambahkan tadi.
- Tunggu dalam beberapa hari atau lebih dari seminggu, jika nama tempat bisnis / usaha kita belum muncul di Google Maps, anda bisa mengajukan lagi dan pastikan anda mengisi formulirnya dengan benar.



Nah bagi anda yang membuka bisnis tempat makan seperti bakso atau mie atau rumah makan dan sejenisnya, sebaiknya anda menyapa pelanggan anda dengan baik dan mintalah tolong pada pelanggan untuk memberi rating lokasi bisnis anda di Google Maps. Atau mintalah tolong pada pelanggan untuk melakukan Check-In di lokasi bisnis anda ketika mereka upadate status di media sosial seperti di Facebook. Dengan keramahan anda, para pelanggan / konsumen pasti akan melakukannya dengan suka rela dan ini juga sangat bagus untuk mempromosikan bisnis / usaha anda.
Atau jika bertegur sapa langsung dengan konsumen dirasa anda kurang tepat, anda bisa membuat tulisan / lukisan / poster / sticker unik yang mengajak konsumen / pelanggan untuk membagikan / share lokasi usaha kita di media sosial.

Cara mendaftarkan / mengajukan lokasi kita sebagai Pokestop dan Gym baru pada maps game Pokemon.

Nah terus bagaimana cara menjadikan lokasi tempat kita menjadi Pokestop dan Gym? Ketika lokasi anda sudah terdaftar di Google Maps dan pengunjung di lokasi usaha yang anda daftarkan sudah banyak serta mempunyai rating yang baik, anda bisa bisa mengirim email ke contact di website resmi game Pokemon untuk request /mengajukan  lokasi anda sebagai PokeStop.
Meski sekarang dari pihak pengembang game Pokemon Go sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menerima pengajuan Pokestop dan Gym baru,tapi  masih membuka kesempatan bagi anda yang masih mempunyai niat untuk mengajukan lokasi anda sebagai Pokestop bisa mengirimkan email pengajuan ke partnerships@nianticlabs.com.

Alamat email resmi pengajuan Pokestop dan Gym baru untuk Pokemon Go

Artikel ini saya buat agar mengajak anda yang tinggal di daerah atau kampung yang jauh dari kota, untuk mengembangkan sekecil apapun usaha anda melalui internet karena kita tahu sekarang bahwa kebanyakan orang yang tahu teknologi akan bertanya pada mbah Google.
Share artikel ini, siapa tahu berguna bagi saudara / kerabat, teman anda.

Selamat mengembangkan dan mempromosikan lokasi bisnis dan usaha anda melalui Google Maps. Siapa tahu kedepannya lokasi bisnis anda menjadi Poke Stop dan di kunjungi banyak pelanggan / konsumen.

Belum ada Komentar untuk "Menambahkan Tempat Lokasi Usaha di Google Maps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel